NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Barang yang dapat dibeli meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Selain itu, NFT juga umumnya muncul dalam format digital, seperti Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF), dan lainnya. Setelah Anda memiliki NFT, gunakan untuk jual beli dengan baik. Anda dapat mulai menjual NFT dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT. Anda dapat mencetak kreasi digital apa pun sebagai NFT, mulai dari seni hingga tulisan dan musik hingga video game.
Sangat mudah untuk mengubah dokumen menjadi NFT juga, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Ingatlah bahwa harga jual akhir karya Anda akan bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan reputasi Anda di antara calon pelanggan.
Sejarah Awal
Pada tahun 2014, protokol Counterparty dirilis sebagai lapisan "koin berwarna" tambahan di atas rantai blok Bitcoin, menggunakan metadata dalam buku besar Bitcoin untuk membuat buku besar baru. Pada November 2014, Rob Myers merilis 100 (sepadan) unit mata uang yang tidak dapat dibagi berjudul MYSOUL pada Counterparty dan Dogeparty (klon Counterparty yang dibangun di atas Dogecoin), yang dapat dianggap sebagai ekspresi artistik.
Pada saat peluncuran, spesifikasi protokol Counterparty memungkinkan pencetakan koin berwarna dengan unit tunggal yang tidak dapat dibagi. Koin satu unit seperti itu dapat diklasifikasikan secara longgar sebagai penunjuk NFT ke aset off-chain dan secara teoritis juga dapat diperdagangkan di bursa, tetapi tidak ada bukti bahwa pencetakan ini terjadi dalam jangka waktu ini yang belum muncul.
NFT sejati pertama yang diketahui dirilis sebagai bagian dari Etheria, peta 3D berukuran 33 kali 33 dari 457 ubin heksagonal yang dapat dibeli dan diperdagangkan di mana struktur kecil dapat dibangun dengan batu bata seperti Lego. Versi 1.0, dengan mekanisme perdagangan internal yang tampaknya tidak berfungsi, diterapkan ke jaringan utama Ethereum pada 21 Oktober 2015. Versi 1.1, dirilis pada 29 Oktober, membatalkan fungsi perdagangan internal ini sepenuhnya untuk mendukung dua baris Fungsi "setOwner" hanya dapat dijalankan oleh pemilik ubin saat ini.
Perubahan ini memungkinkan perdagangan eksternal dan dengan demikian membuat ubin dapat diperdagangkan meskipun bursa belum ada. Dua hari kemudian pada tanggal 31 Oktober, Etheria versi 1.2 disebarkan dengan perbaikan bug seperti mencegah uang tertelan ketika transaksi mencoba untuk membeli ubin yang sudah dimiliki dari kontrak. Versi ini disajikan di Devcon 1, konferensi publik pertama Ethereum Foundation, oleh pencipta Etheria, Cyrus Adkisson pada 13 November 2015 di London. Versi ini menampilkan konten buatan pengguna rantai blok yang dapat diperdagangkan pertama dan dianggap "resmi" oleh pembuatnya.